Lihat Semua : infografis

Hidangan Unik Khas Indonesia Saat Ramadhan


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 981


Indonesiabaik.id   -   Ramadhan, bulan yang paling ditunggu bagi umat muslim seluruh dunia, khususnya Indonesia. Selain rutinitas beribadah yang bertambah, bulan Ramadhan juga menawarkan berbagai hidangan unik dan hanya muncul selama masa puasa hingga hari raya Idul Fitri saja. 

Setiap daerah di Indonesia juga memiliki hidangan-hidangan unik dan khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Apa saja ya kira-kira?

Berikut, Ka Ibe berikan beberapa menu khas Ramadhan khas daerah Indonesia, di antaranya:

1. Kicak

Makanan ini terbuat dari singkong yang dikukus dan dilengkapi dengan taburan parutan kelapa di atasnya. Makanan ini hanya bisa ditemukan saat Ramadan di Pasar Sore Kauman Yogyakarta.

2. Pakat

Primadona saat Ramadan itu sering dijadikan lalapan oleh warga khas Mandailing, kota Medan. Makanan yang satu ini terbuat dari rotan muda yang dibakar di atas tungku, dikuliti, lalu diambil bagian dalamnya. Pakat umumnya disajikan dengan nasi sebagai lalapan serta bumbu halus agar semakin nikmat.

3. Bongko Kopyor

Nama Bongko Kopyor sendiri sejatinya merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu ini khas dari Gresik yang terbuat dari potongan roti tawar, serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara dan siraman santan yang dikukus, tampilan dari Bongko Kopyor ini sepintas mirip dengan bubur sumsum.

4. Gulai Siput/Lengkitang

Hidangan gulai siput sendiri merupakan hidangan khas daerah Riau yang banyak disajikan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Siput banyak dijual di pasar-pasar tradisional di daerah ini sebagai bahan utama berbagai makanan termasuk gulai siput ini. Masakan gulai siput ini mirip seperti gulai pada umumnya, yang membedakan adalah citarasa kaldu dan daging siput yang khas.

5. Sate Susu

Sate unik yang sangat disukai oleh para muslim di Bali ini adalah sate susu. Sesuai namanya sate susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus lalu dibumbui. Unik ya, SohIB.

6. Es Timun Serut

Minuman asal khas Aceh, mereka menyebutnya ie boh timon. Minuman ini banyak tersaji di bulan puasa sebagai menu pembuka puasa. Untuk menambah rasa segarnya, serutan timun segar ditambah air matang dan selasih serta sedikit air jeruk nipis akan memperkuat kesegaran rasanya.



Infografis Terkait