Lihat Semua : infografis

Inilah Spesifikasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung


Dipublikasikan pada 9 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 224


indonesiabaik.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah merampungkan satu trainset (kereta) CR400AF yang dibuat untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) serta dibuat khusus dengan spesifikasi interior dan eksterior Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Spesifikasi Kereta Cepat

Dilansir dari laman resmi KCIC pada 17 Juni 2019, kereta cepat Jakarta-Bandung menggunakan kereta cepat generasi terbaru, yakni CR400AF. Adapun CR400AF merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang. CR400AF memiliki lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, dengan panjang kepala kereta 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter.

CR400AF akan menempuh jarak 142,3 kilometer Jakarta-Bandung dalam waktu 36 menit untuk perjalanan langsung, hingga 46 menit dengan kondisi perjalanan berhenti di setiap stasiun. Seperti diketahui, dalam fase awal ada 4 Stasiun yang digunakan untuk melayani penumpang KCJB, yaitu Stasiun Tegalluar, Padalarang, Karawang, dan Stasiun Halim (Jakarta).

CR400AF dilengkapi dengan dua emergency brake atau rem darurat, yang pertama disebut Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah driver controller, fasilitas emergency brake penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis.

Satu rangkaian CR400AF terdiri dari 8 kereta (cars), dengan komposisi empat kereta bermotor dan empat kereta tanpa motor. Dengan komposisi ini memungkinkan kereta CR400AF memiliki kecepatan desain hingga 420 kilometer per jam dan kecepatan operasional 350 kilometer per jam.



Infografis Terkait