Lihat Semua : infografis

Jalur-Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : Septian Agam /   View : 9.874


Indonesiabaik.id - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun 2018. Pada tahun ini seleksi dirinci menjadi tiga jalur, pertama yaitu lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan hasil portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Kedua yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ketiga yaitu Seleksi Mandiri, seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN.



Infografis Terkait