Lihat Semua : infografis

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berkendara Ya!


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 587


Indonesiabaik.id - Tertib berlalu lintas adalah suatu kewajiban bagi semua pengguna jalan, siapa pun itu tanpa terkecuali. Oleh karena itu, pengguna jalan perlu mengetahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berkendara demi menjaga keamanan dan keselamatan.

Hal Dilarang Saat Berkendara

Khusus untuk faktor manusia, jangan melakukan kegiatan yang menggangu konsentrasi berkendara, seperti mengoperasikan ponsel sambil menjalankan kendaraan, atau sambil makan dan minum. Sering pula kecelakaan terjadi akibat berkendara terlalu cepat sehingga sulit memberikan reaksi jika terjadi sesuatu.

Selain itu, ketidakdisiplinan pengemudi, di mana pengemudi sering tidak memperhatikan marka jalan saat berkendara. Pelanggaran lainnya antara lain menerobos lampu merah, perilaku melawan arus yang menyebabkan kecelakaan fatal karena kendaraan lain datang dari arah berlawanan.

Bahkan, pengemudi terkadang berbelok tanpa melihat kondisi jalan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, balapan liar dan modifikasi kendaraan yang tidak sesuai aturan juga menjadi faktor utama kecelakaan di Indonesia. Dari sisi emosional pengemudi yang tidak stabil ikut memegang peranan penting dari penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan.



Infografis Terkait