Lihat Semua : infografis

Kenali Gejala TBC


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Arlyta Dwi Anggraini / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 7.107


Indonesiabaik.id - TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis) yang menyerang tubuh manusia, terutama pada paru. TBC ditularkan melalui udara, bukan penyakit turunan dan bukan juga disebabkan oleh kutukan ataupun guna-guna. TBC dapat disembuhkan.

Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh atau bagian tubuh lainnya seperti tulang, kelenjar, kulit, dan lain-lain. TBC dapat menyerang kepada siapa saja, terutama kepada usia produktif atau usia masih aktif bekerja (15-50 tahun) dan anak-anak. TBC dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diobati.

Gejala utama TBC yaitu batuk berdahak maupun tidak berdahak. Gejala lainnya yaitu terasa nyeri dada, demam meriang, badan lemas, nafsu makan berkurang, dan berat badan berkurang. Apabila ada salah satu atau lebih gejala tersebut, segera periksa ke Puskesmas.



Infografis Terkait