Lihat Semua : infografis

Ketahui Ciri Produk Kosmetik Aman


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.312


indonesiabaik.id -  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menemukan 16 item kosmetik mengandung bahan dilarang/bahan berbahaya.

Lebih Waspada Pada Produk Kosmetik

Produk kosmetik yang umumnya dijual di masyarakat, tak ayal seringkali terdapat produk yang tidak layak digunakan atau ilegal, alias mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan. Pasalnya, jika digunakan terus menerus bisa memicu munculnya penyakit berbahaya.

 

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya, bahkan bahan kimia yang berisiko dapat mengganggu kesuburan.

Kosmetik yang dianggap aman adalah kosmetik yang tidak terdapat risiko terkait dengan penggunaannya. Namun, itu semua bisa dihindari jika kosmetik yang kita pilih sesuai dengan rekomendasi dan telah mendapat ijin dari pihak terkait yang berwenang.

Cara Kenali Produk Kosmetik Aman

Untuk terhindar dari penggunaan kosmetik ilegal, masyarakat perlu mengenali jenis produk kosmetik yang aman dan layak. Pertama, cek kemasan dan label produk kosmetik yang dibeli. Periksa setiap sisinya apakah terdapat kecacatan pada kemasan. Lanjut kepada komposisi yang digunakan hingga kepada efek penggunaan nantinya.

  • Memiliki izin edar dari BPOM
  • Tidak menyebabkan iritasi atau reaksi alergi kulit
  • Kemasan masih dalam keadaan baik
  • Memiliki tanggal produksi dan kadaluwarsa
  • Tidak mengandung merkuri, timbal,  atau bahan kimia berbahaya
  • Memiliki label kemasan dan komposisi yang jelas


Infografis Terkait