Lihat Semua : infografis

Lama Waktu Puasa di Berbagai Kota di Dunia


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 3.644


indonesiabaik.id - Umat muslim seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan 2024. Pada bulan suci ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sehari penuh sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. 

Tetapi, tahu engga sih? Setiap wilayah memiliki durasi berpuasa yang berbeda-beda karena perbedaan letak geografis. Negara yang waktu puasanya paling lama biasanya berada di belahan bumi utara. Lalu, negara dengan waktu puasa yang lebih singkat biasanya terletak di belahan bumi selatan atau wilayah khatulistiwa.

Durasi Waktu Puasa Berbagai Kota di Dunia

Nuuk menjadi kota dengan durasi berpuasa paling lama pada tahun ini. Waktu berpuasa terpanjang di kota yang terletak di Greenland tersebut mencapai 17 jam 52 menit. Kemudian, ada Helsinki, Finlandia dengan durasi berpuasa selama 17 jam 9 menit.

Durasi berpuasa di Oslo, Norwegia paling lama mencapai 16 jam 54 menit. Dilajutkan dengan durasi berpuasa di Madrid, Spanyol dan Paris, Perancis yang mencapai 15-16 jam.

Durasi berpuasa di London juga terbilang panjang mencapai 14 jam 55 menit, sedangkan di Istanbul, Turki mencapai 14 jam 30 menit. 

Durasi Puasa Tercepat Di Mana?

Durasi tersingkat, ibadah puasa berjalan sekitar 11-12 jam di beberapa kota di dunia. Wilayah itu antara lain di Afrika Selatan dan Argentina. Selandia Baru juga mengalami hal serupa, di mana durasi berpuasa hanya 12 jam.

Selanjutnya, Australia dan Indonesia juga memiliki durasi puasa tercepat, di mana mencapai hingga 13 jam. Sebagai informasi, durasi berpuasa menggunakan data dari laman Al-Jazeera yang bersumber dari Islamic Finder.



Infografis Terkait