Lihat Semua : infografis

Lama Waktu Puasa di Berbagai Kota di Dunia (Ramadan 2023)


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 19.310


Indonesiabaik.id - Perbedaan letak geografis tentu saja mempengaruhi lamanya pergantian pagi dan petang di berbagai negara. Nah, pernahkah Anda berpikir berapa lama muslim di negara lain berpuasa dalam satu hari?

Waktu Puasa Berbagai Negara

Maka dari itu, masing-masing negara memiliki panjang waktu yang berbeda dalam setiap harinya. Di negara kita, Indonesia, panjang waktu puasa adalah 13 jam 10 menit. Dimulai dari imsak sekitar pukul 04.25 WIB hingga maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Itu karena Indonesia termasuk negara dengan waktu puasa yang pendek, sebab keberadaannya dekat dengan garis khatulistiwa.

Sementara di bulan-bulan sekarang (Mei hingga Juni), negara-negara bagian utara yang jauh dari garis khatulistiwa memiliki waktu puasa yang relatif lebih lama. Sebaliknya, negara-negara bagian selatan yang jauh dari garis khatulistiwa akan memiliki waktu puasa yang relatif lebih singkat.

Seperti di Oslo, Norwegia menjadi kota dengan waktu puasa terlama tahun ini, yakni selama 16 -17 jam. Sedangkan di Melbourne, Australia menjadi kota dengan waktu puasa tersingkat tahun ini, yaitu hampir 13  jam.



Infografis Terkait