Lihat Semua : infografis

Mandalika, Wisata Unggulan di Nusa Tenggara


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 5.381


Indonesiabaik.id - Mandalika, sebuah daerah yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki keindahan yang alami. Mandalika dikenal dengan wisata pantai dan laut yang cantik karena wilayahya berada tepat menghadap ke Samudera Hindia.

Indonesia Punya Mandalika

KEK Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap Samudera Hindia, Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Putri Mandalika

Mandalika berasal dari nama seorang tokoh legenda, yaitu Putri Mandalika yang dikenal dengan parasnya yang cantik. Setiap tahunnya, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika.

KEK Mandalika

KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Mandalika memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dinikmati, seperti wisata pantai Kuta dan Tanjung Aan di mana wisatawan dapat melakukan snorkeling dan berselancar.

Sirkuit Mandalika

Selain itu, sirkuit Mandalika, Lombok, adalah sirkuit jalanan balap internasional yang dibangun untuk menjadi tuan rumah balap motor kelas dunia, MotoGP 2021, di Mandalika. Kawasan hiburan dan olahraga yang terintegrasi di tengah sirkuit akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke MotoGP.



Infografis Terkait