Lihat Semua : infografis

Masa Pemerintahan Jokowi : Mempercepat Deregulasi, Mempercepat Investasi


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Anggar Septiadi / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 1.771


Salah satu langkah yang diambil Jokowi adalah mempercepat deregulasi untuk meningkatkan iklim investasi. Hal ini dilakukan dengan menerbitkan sejumlah paket kebijakan untuk menggairahkan kembali perekonomian nasional, total 15 buah, selama 2015 sampai 2017. Sebaliknya, lebih dari 3000 Perda yang dipandang menghambat investasi dipangkas.

Dampaknya, peringkat Indonesia dalam Indeks Kemudahan Berbisnis World Bank meningkat dari peringkat 120 di 2015, menjadi 106 di 2016 hingga 91 di 2017.
Masih jauh dari sempurna tapi menunjukkan peningkatan. Menurut Jokowi, masih banyak yang harus dilakukan sebagai langkah pembenahan di Indonesia. Diantaranya adalah penyederhanaan serta pembenahan perijinan, peraturan yang tumpang tindih, termasuk deregulasi Daftar Negatif Investasi. Saat ini, kita harus memberlakukan kebijakan yang sama di emerging markets, yakni membebaskan bisnis dan industri dari Undang-undang dan peraturan yang berlebihan”, jelas Presiden Jokowi.
 



Infografis Terkait