Lihat Semua : infografis

Mau Batalkan Tiket Kereta Api? Begini Caranya


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.850


Indonesiabaik.id   -   Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 selama 91 hari, yaitu 29 Februari hingga 29 Mei 2020.
 

Sehubungan dengan itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih melakukan evaluasi untuk pelaksanaan perjalanan mudik 2020 di tengah perpanjangan masa darurat corona hingga 29 Mei mendatang.

KAI memastikan selalu mengutamakan keselamatan penumpang. Bahkan, pihaknya mendorong masyarakat agar lebih selektif dalam memilih momen perjalanan di tengah kondisi darurat corona seperti saat ini.

Bagi para penumpang yang hendak membatalkan tiket kereta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan pengembalian seluruh biaya tiket pada keberangkatan kereta api selama masa darurat virus corona SARS-CoV-2. 

Selain itu, pihaknya terus memberikan imbauan kepada penumpang setia KAI untuk melakukan pembelian, dan pembatalan tiket melalui online atau via aplikasi KAI Access untuk menghindari risiko terkena virus.

Begini caranya: 

  1. Pada halaman beranda KAI Access, pilih menu Pembatalan

  2. Kemudian silakan pilih salah satu tiket KA yang akan dibatalkan, 

  3. Pada halaman detil tiket, silakan pilih menu pembatalan

  4. Pilih penumpang yang akan dibatalkan

  5. Isi data akun bank untuk pengembalian dana dengan benar

  6. Pengembalian tiket akan diberikan 100% tanpa biaya pembatalan (meskipun di tampilan terdapat keterangan biaya pembatalan sebesar 25%)

  7. Setelah proses pembatalan selesai, periksa tiket yang telah dibatalkan pada halaman riwayat

Jika memang terpaksa tidak bisa mengakses via online, Kamu masih bisa melakukan pembatalan tiket kereta api via offline atau datang langsung ke loket stasiun dengan cara:

  1. Datang ke loket dengan membawa tiket kereta/bukti pembelian, KTP/Identitias Diri (asli dan fotokopi)

  2. Isi formulir pembatalan

Formulir pembatalan terdiri dari rangkap 2 berisi data yang harus diisi, berupa data tiket dan data diri penumpang serta keterangan pengambilan bea pembatalan.

  1. Serahkan formulir kepada Customer Service

Pastikan data yang diisi lengkap.

  1. Refund Tiket

Pengambilan biaya tiket dilakukan di stasiun yang ditunjuk dengan membawa formulir pembatalan yang sudah divalidasi dan menunjukkan identitas diri



Infografis Terkait