Lihat Semua : infografis

Menang Lawan Korea Selatan, Indonesia Lolos Ke Semifinal Piala Asia U-23 Qatar 2024


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Edy Pang / Desain : Edy Pang /   View : 8.544


indonesiabaik.id - Menang secara dramatis melalui adu penalti dengan skor 10-11, Indonesia akhirnya lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 Qatar 2024. 

Indonesia lolos ke babak Semifinal Piala Asia U-23. Hasil ini adalah torehan bersejarah mengingat Korea Selatan adalah salah satu tim terkuat di Asia, dan selalu lolos ke Olimpiade di 9 edisi terakhir.

Selain menjadi capaian tak terbayangkan di debut Indonesia U-23, kemenangan di turnamen ini juga berarti peluang lolos Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024 makin terbuka lebar. Kali pertama dan satu-satunya timnas sepak bola Indonesia tampil di level tersebut adalah pada Olimpiade Melbourne 1956.

Kala itu Indonesia lolos langsung ke perempat final setelah calon lawannya, Vietnam Selatan mengundurkan diri. Pada pertandingan selanjutnya, tepatnya 29 November 1956, Indonesia tampil apik dengan memberikan perlawanan sengit dengan berhasil menahan imbang 0-0 tim kuat Uni Soviet. Hasil ini memaksa adanya pertandingan ulang pada 1 Desember 1956, karena saat itu adu penalti belum diperkenalkan. Pada pertandingan tersebut, Uni Soviet menaklukkan Indonesia dengan skor mencolok 4-0 dan akhirnya melenggang ke babak final dan meraih medali emas.

Satu Kemenangan Lagi Indonesia Lolos ke Olimpiade

Kemangan melawan Korea Selatan di babak perempat final ini menjadikan peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 makin terbuka lebar. Dengan jaminan minimal peringkat ke-4, Indonesia hanya butuh membukukan satu kemenangan lagi. 

3 Cara Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024:

1. Indonesia U-23 menang di pertandingan Semifinal (lolos ke babak Final) melawan Arab Saudi U-23 atau Uzbekistan U-23 pada tanggal 29 April 2024, terlepas apapun hasilnya pada pertandingan di babak Final.


2. Indonesia U-23 kalah di pertandingan Semifinal, tapi menang saat pertandingan perebutan peringkat ke-3 Piala Asia U-23 yang digelar pada 2 Mei 2024.

3. Kalah di perebutan tempat ketiga dan berstatus peringkat ke-4 Piala Asia U-23 AFC, tapi menang pada pertandingan playoff melawan peringkat ke-4 Piala Afrika U-23 CAF, Guinea pada 09 Mei 2024.

Semangat Garuda Muda, Kami Bangga!



Infografis Terkait