Lihat Semua : infografis

Mengenal PaDi UMKM


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 1.513


Indonesiabaik.id   -   Tepat 17 Agustus 2020 dalam perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia, Program PaDi (Pasar Digital) untuk UMKM beserta 2 program lainnya resmi diluncurkan. Menurut pemerintah, lewat platform tersebut, UMKM diberi untuk menjadi pemasok dan vendor BUMN dalam berbagai produk yang disalurkan.

PaDi UMKM merupakan sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna mengoptimalkan, mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, serta memperluas dan mempermudah UMKM mendapatkan akses pembiayaan.

Sebanyak sembilan BUMN yang terlibat dalam pengembangan PaDi UMKM yakni Telkom yang juga sebagai aggregator PaDi UMKM, dan delapan BUMN lainnya seperti Pertamina, Pupuk Indonesia, BRI, Pegadaian, PNM, PP, Waskita Karya, dan Wijaya Karya.

Program ini PaDi mengutamakan produk hasil karya dalam negeri/produk yang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)-nya relatif tinggi. Proses transaksi pembayaran belanjanya dapat menggunakan virtual account.

Menurut Kemenkop UKM, pada masa mendatang, keterlibatan Bank Himbara juga akan diperkuat dalam pemberian pembiayaan kepada UMKM melalui PaDi.



Infografis Terkait