Lihat Semua : infografis

Merayakan Kepemimpinan G20 Indonesia


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 592


indonesiabaik.id - Para pemimpin daerah diharapkan bisa memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia untuk kemajuan kota/daerah di Indonesia.

G20 Memberi Banyak Manfaat

Kepemimpinan Indonesia dalam G20 merupakan momentum strategis dan potensial. Diharapkan, pemerintah daerah (pemda) turut merasakan dampak dan manfaat dari penyelenggaraan berbagai pertemuan G20 yang berlangsung sepanjang tahun 2022 di berbagai daerah.

Sekiranya, ada lima dimensi dalam G20, mulai dari isu kepariwisataan hingga isu kepemimpinan muda.

Lima dimensi yang bisa diusung daerah itu, disampaikan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh (APEKSI), Bima Arya, dalam Jumpa Pers G20updates secara virtual melalui zoom, Selasa (18/10/2022) di Jakarta, bertajuk Merayakan Kepemimpinan Indonesia di G20.

Bima berharap, APEKSI bisa menjadi penghubung di tingkat nasional dalam G20, untuk kemudian mampu menurunkan kelima isu itu kepada para kepala daerah atau pemerintah kota.

Lima Dimensi G20

  • Isu pariwisata

G20 bisa menjadi kesempatan emas memperkenalkan kepada dunia beragam destinasi wisata Indonesia yang ada di 514 kota/kabupaten melalui berbagai pertemuan yang digelar sepanjang 2022.

  • Isu perdagangan

Kepemimpinan Indonesia di G20 Bali juga membukakan ruang bagi kesempatan kerja sama perdagangan bagi daerah ketika bertemu dalam pertemuan-pertemuan terkait G20.

  • Isu perkotaan

G20 akan memberikan banyak sekali terkait dengan isu perkotaan, membuka kerja sama yang lebih intens tentang isu perkotaan, isu transportasi, isu lingkungan hidup, isu climate change, dan isu SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

  • Isu perdamaian dunia

G20 memberi kesempatan membuka ruang bagi Indonesia untuk memainkan peran yang sangat strategis di bidang perdamaian dunia.

  • Isu kepemimpinan muda

G20 bisa dimanfaatkan oleh kelompok muda melalui berbagai macam kegiatan. Terlebih Indonesia saat ini menghadapi bonus demografi bersama kota-kota lain di dunia.



Infografis Terkait