Lihat Semua : infografis

Mewujudkan Vaksin Pembunuh Virus Corona


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 796


Indonesiabaik.id   -   Sudah dua bulan belakangan masyarakat dunia dilanda wabah novel coronavirus atau Covid-19, yang telah menginfeksi 80.997 orang dan jumlah korban jiwa mencapai 2.764. Beragam cara diupayakan agar wabah covid-19 ini bisa disudahi, salah satunya dengan membuat vaksin covid-19.

Upaya Pengembangan Vaksin Covid-19 

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, menyebut pihaknya tengah melakukan uji coba terhadap sejumlah formula vaksin yang diharapkan dapat menjadi penangkal virus COVID-19 atau virus korona.  Vaksin merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penjangkitan virus tersebut, namun upaya pembuatan vaksin baru harus melalui proses yang sangat terukur dan kompleks. Meski demikian, para dokter dan ilmuwan di China telah membuat kemajuan dalam usaha tersebut.

Pada saat yang bersamaan, para dokter tersebut juga berusaha untuk memperbaiki formula dan metode pengobatan bagi mereka yang telah terjangkit, berdasarkan beberapa obat-obatan yang telah terbukti efektif dalam melawan COVID-19.

Proses pembuatan vaksin dapat memakan waktu cukup lama untuk masa riset dan pengembangan, yakni hingga tujuh tahun. Ada pula proses persetujuan dan pra-kualifikasi untuk memastikan vaksin apapun tidak membahayakan bagi masyarakat.

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan PT Bio Farma sedang membahas pengembangan vaksin untuk menangkal infeksi virus corona baru penyebab COVID-19. 

Pengembangan vaksin untuk menangkal infeksi virus tertentu tidak mudah dan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun karena harus melewati berbagai tahapan, termasuk uji pra-klinis ke hewan dan uji klinis ke manusia. Penelitian juga sedang dilakukan untuk mengetahui potensi curcumin --bahan aktif utama dalam kunyit-- sebagai obat penangkal infeksi virus.



Infografis Terkait