Lihat Semua : infografis

Mitigasi Bencana Geologi, Cegah Was-Was dengan SMS Blast


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 75


Indonesiabaik.id - Badan Geologi Kementerian ESDM menggulirkan SMS Blast dalam memperluas keterjangkauan informasi dan peringatan dini bencana geologi demi meningkatkan pelayanan publik dan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana.

Apa Itu SMS Blast?

SMS Blast adalah integrasi antara sistem informasi bencana yang dimiliki oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke sistem penyampaian informasi publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Erupsi G Sinabung 10-Apr-2021 08:28 WIB. Hindari radius bahaya 3km, Selatan-Timur 5km, Timur-Utara 4km. http://bit.ly/2QhFVc9: PVMBGKMINFO," demikian contoh tampilan dari kiriman siaran cepat pesan pendek (short message service/SMS blast) yang akan diterima telepon genggam masing-masing warga masyarakat.

Lebih jauh, SMS Blast ini pun sudah diuji coba hingga 3 kali ke telepon genggam masyarakat di KRB Geologi jika terjadi kondisi bahaya sebagai peringatan dini. Aplikasi SMS blast ini tidak dikenai biaya alias gratis. Dalam hal ini, Kementerian Kominfo dan ESDM juga telah menjalin kerja sama dengan operator seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, dan PT Smartfren.



Infografis Terkait