Lihat Semua : infografis

Muslim Indonesia Kurban Apa?


Dipublikasikan pada 29 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 654


indonesiabaik.id — Menurut Laporan Eid Al-Adha Preparation and Celebration 2024 oleh Jakpat, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih hewan kambing untuk berkurban.

Hewan Paling Banyak Dipilih untuk Kurban

Menjelang perayaan Idul Adha 2024, Jajak Pendapat (JakPat) merilis laporan hasil survei bertajuk "Eid al-Adha Preparation and Celebration – 2024 Jakpat Survey Report." 

Hasil survei ini memberikan wawasan yang menarik mengenai preferensi dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menyambut hari raya kurban. Survei ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana individu dan komunitas mempersiapkan dan merayakan Idul Adha. 

Salah satu hal menarik yang tercatat dalam hasil survei adalah jenis hewan yang paling banyak dipilih oleh orang Indonesia. Di antara beberapa pilihan hewan kurban yang biasa dikurbankan, kambing menjadi yang paling banyak dipilih.

Ada sekiranya sebanyak 60% responden mengaku menggunakan kambing sebagai hewan kurban pada tahun 2023 lalu. Sementara itu, sebanyak 63% juga berencana menggunakan kambing untuk Iduladha di tahun 2024 ini.

Rata-rata orang Indonesia menyiapkan biaya untuk berkurban berada pada rentang sekitar 1-5 juta. Sementara, biaya paling mahal/banyak yang disiapkan orang Indonesia untuk beli hewan kurban sekitar 3-5 juta.



Infografis Terkait