Lihat Semua : infografis

Tips Pilih Hewan Kurban Berkualitas & Sesuai Syariat


Dipublikasikan pada 9 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 814


indonesiabaik.id — Memilih hewan kurban harus dilakukan dengan teliti dan sesuai syariat agar daging yang dikonsumsi halal, layak, dan berkualitas.

Syarat hewan yang layak untuk dijadikan kurban adalah jenis hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, unta, hingga domba. Hewan tersebut pun harus memiliki umur yang cukup. Unta minimal umur 5 tahun, sapi dan kerbau minimal umur 2 tahun, kambing/domba minimal umur 1 tahun.

Hewan kurban juga harus sehat alias tidak menunjukkan gejala klinis PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung, dan teracak atau kuku. Serta, tidak mengeluarkan air liur atau lendir berlebihan. 

Selanjutnya, hindari kondisi fisik hewan yang cacat seperti buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, kerusakan daun telinga, hingga tidak ada tulang sumsum.

Lalu, memastikan kualitas dagingnya juga baik dan terbebas dari kontaminasi sampah/kotoran. Karenanya, hindari memilih dan membeli hewan yang di sekitar tempat pembuangan sampah.



Infografis Terkait