Lihat Semua : infografis

Pencegahan Infeksi Cacar Monyet


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 660


indonesiabaik.id - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat sebagai langkah pencegahan penyakit MonkeyPox atau Cacar Monyet.

Pencegahan Infeksi

Menanggapi kasus cacar monyet yang tengah jadi kewaspadaan dunia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat sebagai langkah pencegahan.

  • Berperilaku hidup bersih dan sehat, patuh protokol kesehatan dalam keseharian
  • Hindari langsung kontak erat dengan hewan pengerat, marsupial, dan primata

Sebaiknya, hindari untuk kontak langsung dengan beberapa hewan tersebut dalam kondisi hidup atau mati.

  • Konsumsi daging yang sudah dimasak

Jika ingin mengonsumsi makanan jenis daging, usahakan memasak daging sampai benar-benar matang sempurna. Sebab, suhu panas dalam proses pemasakan bisa membunuh virus dan bakteri yang masih tertinggal.

  • Periksakan diri dan beri informasi jujur

Jika mengalami demam dan ruam menyerupai cacar monyet, berikan informasi jujur terkait yang dirasakan, termasuk informasi jika saja telah bepergian dari wilayah atau negara yang sudah terkonfirmasi cacar monyet.

  • Isolasi diri

Jika mengalami kriteria suspek, probable, atau konfirmasi positif cacar monyet, maka segera lakukan isolasi diri dan menghindari kontak erat dengan orang lain sampai gejala yang dirasakan menghilang.



Infografis Terkait