Lihat Semua : infografis

Pengguna TIK dan Aspek Sosial Budaya Masyarakat #22


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Arlyta Dwi Anggraini / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 9.305


Indonesiabaik.id - Berdasarkan survei penggunaan TIK berdasarkan pekerjaan, kesejahteraan sosial bisa dilihat dari persepsi masyarakat terhadap penggunaan TIK. 60% responden menyatakan bahwa penggunaan TIK mendorong produktivitas dalam bekerja, mendapatkan peluang usaha, mendapatkan berbagai informasi, baik untuk individu maupun untuk keluarga di wilayah rural maupun urban. 30% responden dengan kategori nelayan menentang pernyataan tersebut terkait rendahnya tingkat keterampilan dan kepemilikan perangkat TIK.

 

Tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat juga dilihat dari kepemilikan handphone. Semakin tinggi pengeluaran responden, maka semakin tinggi juga kepemilikan handphone lebih dari satu. Jenis pekerjaan juga mempengaruhi banyaknya pengeluaran pulsa dalam sebulan. Mayoritas PNS/TNI/Polri, karyawan swasta, dan Non PNS/honorer menghabiskan pulsa kurang dari 1 juta rupiah per bulan baik di wilayah rural maupun urban. Aktivitas e-commerce jugs masih sangat rendah dari sisi penjual maupun pembeli khususnya petani yaitu 1% dan nelayan sama sekali belum memanfaatkan.



Infografis Terkait