Lihat Semua : infografis

Periksa TBC Obati Sampai Sembuh


Dipublikasikan pada 23 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 412


indonesiabaik.id - Tuberkulosis (TBC) merupakan masalah kesehatan dunia termasuk Indonesia. Bahkan, menurut Global TB Report WHO 2023 Indonesia jadi negara dengan kasus TBC tertinggi kedua di dunia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, di tahun 2023 kasus TBC di Indonesia mencapai 792.404. 

Pemeriksaan dan Pengobatan TBC

Biasanya, Saat menderita penyakit TBC, dokter akan menyarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan. Apa saja? Pertama, pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi TB dengan ditemukan peningkatan sel darah putih dan laju endap darah.

Kemudian, dilakukan pemeriksaan dahak untuk menentukan adanya kuman TB. Dilanjutkan tes tuberculin yang biasanya banyak dipakai untuk mendiagnosis TB pada anak. Terakhir, dilakukan pemeriksaan rontgen dada atau tes radiologi untuk diagnosis TB.

Apabila telah dipastikan menderita TB, akan dilakukan pengobatan TB yang berlangsung selama 6 – 8 bulan. Pengobatan terbagi dalam 2 tahap, tahap pertama disebut tahap awal / fase intensif dimana obat diminum setiap hari selama 2 atau 3 bulan. Tahap kedua disebut fase lanjutan, obat diminum 3 kali seminggu selama 4 atau 5 bulan.

Yuk! Peduli TBC dengan TOSS TBC (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh)



Infografis Terkait