Lihat Semua : infografis

Posisi Indonesia di G20


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Edy Pang /   View : 1.783


indonesiabaik.id - Salah satu tujuan dibentuknya G20 adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Negara-negara yang tergabung dalam G20 adalah gabungan antara negara-negara maju dan berkembang dengan kelas pendapatan menengah hingga tinggi. 

Posisi Indonesia di G20

Berikut ini beberapa fakta menarik yang dapat menjabarkan posisi Indonesia di forum G20.

  1. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang menjadi anggota G20. Kehadiran Indonesia menjadi representasi dari negara-negara berkembang lainnya.

  2. Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20. Indonesia memegang peran penting dalam pemulihan kesehatan dan perekonomian dunia.

  3. Indonesia menduduki peringkat 10 dalam daftar Paritas daya beli (purchasing power parity) di antara anggota G20.

  4. Indonesia di mata dunia diakui sebagai kekuatan pasar baru (New Established Emerging Market) dengan PDB di atas 1 Triliun dolar AS.

  5. Indonesia menunjukkan kepemimpinan di kancah global salah satunya dengan menjadi presidensi G20. Dari skala ekonomi, G20 adalah forum internasional yang merepresentasikan lebih dari 2/3 penduduk dunia, 3/4 perdagangan global dan 80% PDB dunia.

 

Informasi selengkapnya bisa SohIB pelajari unduh di tautan linktr.ee/G20pedia



Infografis Terkait