Lihat Semua : infografis

Prioritas RAPBN 2022 untuk Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 2.469


 

Indonesiabaik.id - Pemerintah merencanakan kebijakan fiskal yang tetap ekspansif guna mendukung percepatan pemulihan sosial-ekonomi. Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah akan melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional sekaligus reformasi struktural dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022.

Fokus RAPBN 2022

Belanja Negara dalam RAPBN 2022 direncanakan sebesar Rp2.708,7 triliun yang meliputi: Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp1.938,3 triliun serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp770,4 triliun. Kemudian, anggaran kesehatan direncanakan Rp255,3 triliun atau 9,4% belanja negara, akan diarahkan untuk melanjutkan penanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program JKN.

Anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp427,5 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan. Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan Rp541,7 triliun. Pembangunan SDM tetap menjadi prioritas. Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi.

Pembangunan infrastruktur dianggarkan Rp384,8 triliun, diarahkan untuk: penguatan layanan dasar, peningkatan produktivitas, infrastruktur energi dan pangan serta pemerataan akses Teknologi Informasi dan Komunikasi.



Infografis Terkait