Lihat Semua : infografis

Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional: Arnoldus Mononutu


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 612


Indonesiabaik.id   -   Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu telah terlibat secara aktif dalam dunia pergerakan nasional sejak ia mengenal cita-cita perjuangan kaum pergerakan, terutama yang disuarakan oleh Perhimpunan Indonsia. Keterlibatannya dalam dunia pergerakan terus dilakukannya sampai Indonesia merdeka.

Sebagai seorang yang ada dalam dunia pergerakan, Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu bersikap konsekuen terhadap perjuangannya. Meskipun oleh pemerintah kolonial orang tuanya ditekan untuk tidak mengirimkan biaya hidup, ia tidak menghentikan perjuangannya.

Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu menjadikan Indonesia merdeka sebagai cita-cita perjuangannya. Ia menggunakan posisinya sebagai anggota Parlemen Indonesia Timur untuk mendukung berdiri dan berdaulatnya negara Republik Indonesia.

Dapat disimpulkan bahwa sesuai UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Pasal 25 dan Pasal 26, Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu memenuhi syarat umum dan syarat khusus untuk diajukan sebagai Pahlawan Nasional.



Infografis Terkait