Lihat Semua : infografis

Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional: Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.178


Indonesiabaik.id   -   Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo adalah model polisi yang memimpin kepolisian sejak awal berdirinya Negara RI hingga menjelang masuk ke system pemerintahan demokrasi terpimpin, karya agungnya adalah meletakkan dasar-dasar kepolisian nasional yang kokoh. 

Selama masa kepemimpinannya. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo adalah seorang pemimpin yang mempunyai pandangan yang jauh ke depan. Sejak pengangkatannya sebagai Kepala Kepolisian Negara senantiasa berusaha membangun korps kepolisian yang bersifat nasional sebagai bagian dari susunan ketatanegaraan Indonesia.

Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo telah menjalankan tugas sebagai Kepala Kepolisian Negara yang dapat menjaga Kamtibmas, dan menegakkan hukum serta merupakan pejuang kemerdekaan yang menggerakkan seluruh anggota Kepolisian Negara untuk berperang melawan penjajah yang akan kembali menguasai Indonesia dengan menegaskan bahwa anggota Polisi adalah kombatan yang ikut berperang melawan penjajah. 

Pemikiran dan tindakan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dalam meletakkan fundamen struktur, watak, falsafah sebagai bangunan “kepolisian nasional” yang dibutuhkan bagi sebuah Negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman terhadap integritas Republik Indonesia di masa revolusi, perang dan pergolakan internal dalam negeri merupakan remember history. Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Beliau ditetapkan sebagai Bapak Kepolisian Negara RI pada tanggal 14 Februari 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Sesuai UU No. 20 Tahun 2009, tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Pasal 25 dan Pasal 26 Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo memenuhi syarat umum dan syarat khusus untuk diajukan sebagai Pahlawan Nasional.



Infografis Terkait