Lihat Semua : infografis

RAPBN 2019: untuk Pembangunan SDM


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Arlyta Dwi Anggraini / Desain : Bontor Paolo /   View : 1.835


Indonesiabaik.id - Fokus RAPBN 2019 salah satunya untuk pembangunan SDM yang meliputi anggaran pendidikan dan kesehatan. Anggaran pendidikan diarahkan untuk meningkatkan akses, distribusi, dan kualitas pendidikan. Setiap tahunnya, anggaran pendidikan realtif naik.

Perbaikan yang dilakukan menggunakan anggaran pendidikan, yaitu peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi dan redistribusi guru antar daerah; pengalihan BOS dari Kemendikbud ke DAK (tahun 2016); BOS berdasarkan kinerja (2019); Program Indonesia Pintar 19-20 juta siswa/tahun, diikuti dengan peningkatan ketepatan sasaran; percepatan pembangunan sarana dan prasarana sekolah dan universitas (sebagian dilaksanakan Kementerian PUPR dan DAK disupervisi Kementerian PUPR); perluasan beasiswa afirmasi/bidik misi (2015 : 269 ribu dan 2019 : 417 ribu); penguatan LPDP dalam bentuk SWF selaku pengelola dana abadi Pendidikan mulai tahun 2017, serta akan menyalurkan 27 ribu beasiswa sampai dengan tahun 2019.

Anggaran kesehatan diarahkan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan, serta penguatan penanganan stunting. Perbaikan yang dilakukan mengguanakan anggaran kesehatan, yaitu peningkatan kualitas dan ketersediaan tenaga kesehatan; pengalihan BOK dan BOKB dari Kemenkes ke DAK (tahun 2016); mendorong pola hidup sehat melalui Germas; peningkatan nutrisi ibu hamil, menyusui, balita, dan imunisasi; perluasan penerimaan bantuan iuran dalam rangka Jaminan Kesehatan Nasional, diikuti dengan peningkatan ketepatan sasaran, dan perbaikan pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.



Infografis Terkait