Lihat Semua : infografis

Sasaran Prioritas Vaksinasi Tahap ke-III


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 162


Indonesiabaik.id - Vaksinasi tahap tiga sudah mulai dijalankan di Provinsi DKI Jakarta menjadi penanda pemerintah mempercepat tahapan vaksinasi untuk melindungi masyarakat. Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga adalah kelompok rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi Tahap III

Selain masyarakat yang rentan dari aspek sosial dan ekonomi, masyarakat dari kelompok penyandang disabilitas dan gangguan jiwa juga menjadi sasaran vaksinasi tahap ketiga. Selain itu, pertimbangan utama dalam menatapkan kelompok sasaran vaksinasi pada prinsipnya mempertimbangkan ketersediaan vaksin.

Pertama kali yang mendapatkan vaksinasi ini nantinya adalah masyarakat rentan dari aspek geo spasial, artinya yang tinggal di daerah dengan angka kejadian COVID-19 yang tinggi atau zona merah. Kemudian, kriteria masyarakat rentan yang mendapatkan vaksinasi juga dipertimbangkan dari segi sosial ekonomi lemah dan masyarakat kurang beruntung, serta kelompok marginal Ibu Kota.

Terakhir, penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa juga menjadi masyarakat yang mendapatkan prioritas vaksinasi tahap III. Dengan dimulainya vaksinasi tahap 3, diharapkan terjadi percepatan untuk cakupan herd immunity bagi 181,5 juta rakyat Indonesia.



Infografis Terkait