Lihat Semua : infografis

Selamat Datang Koneksi 5G!


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.428


Indonesiabaik.id - Setelah lama dinanti, komersialisasi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G di Indonesia kini sudah di depan mata. Salah satu operator pertama yang akan mulai menggelar jaringan 5G di Tanah Air adalah Telkomsel yang diketahui sedang menjalani Uji Layak Operasi (ULO).

Frekuensi Layanan 5G

Setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO, untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan standar kualitas.

Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane.

6 Wilayah Dapat 5G

Pada tahap awal, Telkomsel akan menghadirkan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi resedensial di Jabodetabek, mencakup Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera di Tangerang Selatan.

Selain enam lokasi tersebut, layanan 5G komersil juga akan dirilis di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.



Infografis Terkait