Lihat Semua : infografis

Siap-Siap! Subsidi Kuota Internet Gratis Hadir


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 846


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah dalam waktu dekat segera membagikan kuota internet gratis kepada seluruh peserta didik. Baik siswa (SD/SMP/SMA), mahasiswa hingga tenaga pengajar. 

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD-Dikdasmen) Nomor 8310/C/PD/2020 perihal pemberitahuan tentang Program Pemberian Kuota Internet.

Besaran Kuota Gratis 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana sebesar Rp 7,2 T untuk subsidi kuota internet siswa, guru, mahasiswa serta dosen. Rencananya, siswa akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan selama empat bulan ke depan, terhitung dari bulan September hingga Desember 2020.

Upaya ini dilakukan atas masukan masyarakat yang mayoritas terkendala pulsa kuota internet dalam mengakses pembelajaran jarak jauh (PJJ).  Dalam surat edaran tersebut, Dirjen memberikan tenggat kepada kepala satuan pendidikan hingga 11 September 2020.

Nantinya,  kuota akan diberikan dalam bentuk pulsa. Nantinya, pulsa akan dikirimkan ke nomor HP yang telah diinput di Aplikasi Dapodik. Sumber anggaran berasal tersebut, lanjut Nadiem, berasal dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020 dengan total anggaran sebesar Rp 8,9 triliun.



Infografis Terkait