Lihat Semua : infografis

Silicon Valley Ala Indonesia


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Anggar Septiadi / Desain : Oktanti Putri Hapsari /   View : 7.594


Sillicon Valley, ‘surga’ yang mengubah para geek jadi milyuner sebentar lagi akan hadir di Indonesia. Melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, tahun ini sepuluh kota akan miliki Sillicon Valley ala Indonesia yaitu di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Pontianak, dan Makassar.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. KIBAR adalah sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota.

Gerakan ini terdiri dari berbagai fase kegiatan. Pertama adalah Ignition berupa seminar entrepreneurs yang digelar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship. Disusul dengan kegiatan workshop pembekalan keahlian dasar yang dibutuhkan dalam membuat startup digital, kemudian Hacksprint berupa pembentukan tim yang saling melengkapi skill untuk membuat prototype produk.

Jika peserta lolos dari fase Hacksprint, maka mereka  berhak mengikuti babak Bootcamp yang berisi mentoring untuk merilis produk. Seleksi terakhir di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah babak Incubation dimana 200 peserta terpilih akan menjalani masa inkubasi selama tiga bulan untuk pembinaan lanjutan sampai akhirnya siap jadi bagian dari ekosistem startup digital.  



Infografis Terkait