Lihat Semua : infografis

SNMPTN Jadi SNPMB, Apa Bedanya Ya?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 69.478


Indonesiabaik.id - Calon mahasiswa baru 2023 perlu tahu perubahan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diganti dari Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Pasalnya, seleksi SNPMB ini berbeda dengan seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun-tahun sebelumnya.

Apa Sih SNPMB?

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB adalah sistem seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.  SNPMB ini diberlakukan mulai 2023 dan menggantikan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di tahun sebelumnya. 

Perbedaan dengan Seleksi Sebelumnya

  1. Pelaksana

SNPMB adalah seleksi masuk PTN bagi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP). Sementara SNMPTN adalah seleksi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang merupakan lembaga di bawah Kemendikbudristek.

  1. Cakupan jenjang Pendidikan

SNMPTN adalah seleksi masuk PTN bagi calon mahasiswa untuk jenjang pendidikan sarjana dan sarjana terapan. Sementara SNPMB lebih luas, yaitu mencakup seleksi masuk untuk jenjang pendidikan diploma alias vokasional.

  1. Jenis tes diseleksi

Jenis tes yang diuji dalam penyelenggaraan seleksi berubah. Pada SNMPTN, calon mahasiswa harus menghadapi tes akademik, yaitu tes yang mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa sesuai hasil pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sedangkan di SNPMB, tes yang diuji adalah tes skolastik, penalaran, dan literasi. Dengan begitu, lebih beragam dari sebelumnya dan tidak terpaku pada teori saja.



Infografis Terkait