Lihat Semua : infografis

Strategi Jitu Lawan COVID-19


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 477


Indonesiabaik.id   -   Jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona Covid-19 masih terus bertambah. Seiring dengan hal tersebut, pemerintah terus menyusun berbagai strategi untuk pencegahan penyebaran kasus virus yang menyebabkan Covid-19. Hal paling mendasar adalah mencegah terjadinya penularan Corona Covid-19 baru di tengah masyarakat.

Pada dasarnya, kunci dalam rumus memutus rantai penyebaran virus adalah kerjasama, baik dari diri sendiri maupun kerjasama di masyarakat. 

Dimulai dari diri sendiri, dengan tetap menjaga dan meningkatkan sistem imunitas diri atau kekebalan tubuh dengan berbagai cara, seperti; menjaga perasaan dan pikiran untuk tidak panik, hati gembira dan tidak murung, rajin mengonsumsi makanan bergizi dari buah-buahan maupum sayuran, istirahat yang cukup dengan mengurangi kegiatan begadang tengah malam dan penuhi kebutuhan tidur yang cukup. Selain itu, rutin berolahraga juga mampu meningkatkan imunitas, asal dengan porsi yang pas atau tidak berlebihan.

Kedua, dengan cara disiplin individu dan kolektif. Dengan mendisiplinkan diri untuk tetap di rumah adalah bagian terpenting dari cara kita memutus rantai penyebaran virus. Masyarakat terus diimbau untuk sadar diri dengan menghindarkan diri dari risiko penularan. Selain itu, rajin mencuci tangan dan hindari memegang muka juga dapat mencegah virus dapat menular. Serta dengan kesadaran kolektif seperti memakai masker kain dan menjaga jarak.

Ketiga, strategi apapun tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan kerjasama antar masyarakat. Diperlukannya gotong-royong antar masyarakat dengan cara memutus rantai penyebaran dari pusat hingga ke pelosok desa. 

Dengan begitu, diharapkan penyebaran virus dapat ditekan dan berkurang.



Infografis Terkait