Lihat Semua : infografis

Tak Perlu Pilih-Pilih, Semua Vaksin Aman


Dipublikasikan pada 8 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 2.290


Indonesiabaik.id - Semakin beragamnya pilihan vaksin Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat kerap dihadapkan pada pertanyaan mana jenis vaksin yang paling baik. Menanggapi hal itu, Kementerian Kesehatan memastikan semua jenis vaksin yang ada di Indonesia sama baiknya dan tidak perlu pilih-pilih vaksin.

Jangan Pilih-Pilih Vaksin

Dengan kondisi yang ada saat ini, masyarakat tidak perlu memilih-milih dalam menerima vaksin. Hal terpenting yang perlu jadi kesadaran bersama yakni untuk meningkatkan perlindungan diri sendiri dan orang sekitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Pasalnya, semua vaksin sama memiliki efektivitas menurunkan potensi terinfeksi maupun keparahan hingga mencegah kematian. Setiap vaksin yang ada pun tidak bisa dibandingkan satu sama lain karena setiap jenis vaksin melalui tahapan studi dan testing yang berbeda-beda.

Vaksin yang terbaik adalah yang tersedia saat ini. Untuk itu masyarakat diharapkan terlibat aktif dalam program vaksinasi. Setidaknya, ada lima jenis vaksin yang sudah tiba dan digunakan di Indonesia yakni Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Sinopharm dan Pfizer.



Infografis Terkait