Lihat Semua : infografis

Terus Dikembangkan, Mengapa Vaksin Itu Penting?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 5.978


Indonesiabaik.id   -   Seiring dengan perluasan penyebaran virus corona dan kejenuhan masyarakat di tengah pembatasan sosial, keberhasilan penemuan vaksin Covid-19 menjadi begitu ditunggu. Beragam perusahaan farmasi dan lembaga penelitian dari berbagai negara gencar mengadakan riset dan uji coba dalam upaya menemukan vaksin Covid-19.

Vaksin diharapkan dapat membantu mengurangi angka penularan virus corona jenis baru yaitu SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Sedangkan, yang terjadi saat ini jumlah kasus pasien terinfeksi Covid-19 masih terus meningkat.

Mengapa Vaksin Itu Penting?

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan.

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh selalu digaungkan menjadi cara terbaik untuk bertahan tetap dalam kondisi sehat tanpa keluhan, meskipun bahkan virus SARS-CoV-2 sudah masuk ke dalam tubuh manusia. Manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit. Pada umumnya, tubuh akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh terhadap jenis virus tertentu setelah dua minggu vaksinasi atau imunisasi dilakukan.

Vaksinasi diperlukan sebagai bentuk pertahanan, atau bantuan kepada sistem kekebalan tubuh yang berperang melawan infeksi virus corona SARS-CoV-2. Ketika kondisi sistem kekebalan tubuh tidak memungkinkan untuk melawan virus yang menyerang tubuh, maka vaksin berfungsi untuk menginduksi sistem kekebalan tubuh

Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit. Pemberian vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan.



Infografis Terkait