Lihat Semua : infografis

Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid-19 di Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.282


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah berupaya menyediakan vaksin Covid-19 bagi seluruh penduduk dari tiga jalur, yakni pembelian dari China dan Inggris, jaminan pasokan vaksin dari organisasi internasional, dan produksi Vaksin Merah Putih di dalam negeri.

Penuhi Kebutuhan Vaksin Dalam Negeri

Vaksinasi merupakan upaya pemberian kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab COVID-19. Untuk memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di Indonesia, pemerintah menempuh beberapa cara sekaligus.

Dari mengembangkan vaksin COVID-19 Merah putih secara mandiri di dalam negeri, melakukan pembelian vaksin dari luar negeri, sampai bekerja sama dengan lembaga internasional.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sudah berupaya mendapatkan pasokan vaksin dari produsen farmasi Sinovac dan Sinopharm di China serta AstraZeneca di Inggris.

Pemerintah juga menggandeng organisasi internasional seperti Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) untuk mendapatkan akses vaksin Covid-19.

Pemerintah menargetkan pasokan vaksin dari China dan Inggris dapat memenuhi kebutuhan minimal 70 persen penduduk, kolaborasi dengan CEPI dan GAVI bisa menjamin penyediaan vaksin bagi 20 persen penduduk, dan vaksin Merah Putih bisa menutupi vaksin yang belum terpenuhi.



Infografis Terkait