Lihat Semua : infografis

Transparansi Anggaran RI Peringkat 1 se-Asia Tenggara


Dipublikasikan pada 20 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 388


indonesiabaik.id - Indonesia jadi yang tertinggi se-Asia Tenggara dalam hal transparansi pengelolaan APBN.

Indonesia Bijak Kelola Anggaran

Dalam survei Open Budget Survey 2021 oleh Internasional Budget Partnership, Indonesia masuk kategori sufficient, artinya memiliki akuntabilitas dan keterbukaan dalam mengelola anggaran.

Indeks transparansi anggaran Indonesia membaik secara signifikan. Negara kita, berada pada peringkat 17 dari 120 negara di dunia, bahkan menjadi peringkat 1 se-Asia Tenggara

Bahkan, sejak 2010 nilai transparansi APBN Indonesia terus meningkat.

Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyebut, transparansi pengelolaan APBN yaitu salah satu hal penting yang membuat Indonesia mampu melewati tantangan selama pandemi COVID-19.

Pengelolaan menjadi keharusan yang perlu terjaga dari sisi akuntabilitas dan transparansi. Apalagi, pemerintah membuat anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Skor Indeks Transparan

Berdasarkan survei terbaru itu, indeks transparansi Indonesia mencapai 70 poin, ini artinya jauh lebih tinggi dari rata-rata indeks transparansi global sebesar 45 poin.

Indonesia bahkan mengungguli Filipina di angka 68, Thailand 58, Timor Leste 52, Malaysia 47, Vietnam 44, Kamboja 33, dan Myanmar 30.



Infografis Terkait