Lihat Semua : infografis

Vaksin COVID-19 di Indonesia


Dipublikasikan pada 7 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 201


indonesiabaik.id - Ada 6 jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia. Masing-masing memiliki mekanisme untuk pemberiannya masing, baik dari jumlah dosis, interval pemberian, hingga platform vaksin yang berbeda-beda.

6 Jenis Vaksin

Ke-enam vaksin itu yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax. Vaksin yang disediakan itu merupakan vaksin yang sudah dipastikan keamanan dan efektivitas. Platform yang digunakan berbeda-beda, yakni inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein.

Untuk jenis vaksin yang kini telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) oleh WHO dan Badan POM yaitu Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna dan Pfizer.

Ketersediaan Vaksin

Pemerintah dalam hal ini terus mengupayakan ketersediaan vaksin terpenuhi untuk setidaknya 208.265.720 penduduk untuk tercapainya kekebalan kelompok.

Beragam upaya pengadaan vaksin ini dilakukan melalui perjanjian bilateral dan perjanjian multilateral seperti COVAX Facility bersama GAVI dan WHO, ataupun donasi yang diberikan oleh negara-negara sahabat.



Infografis Terkait