Lihat Semua : infografis

Vaksinasi COVID-19 Lanjut ke Tahap III


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.252


indonesiabaik.id - Vaksinasi COVID-19 tahap III untuk masyarakat umum yang diprioritaskan bagi masyarakat rentan akan segera dilaksanakan di beberapa daerah.

Mulai Juni 2021

Vaksinasi COVID-19 tahap III untuk masyarakat umum akan dilaksanakan mulai Juni 2021. Sebelumnya, telah dilakukan lebih awal di DKI Jakarta sejak Mei 2021 sebagai percontohan. Dikutip dari Antara, sasaran dan vaksinasi tahap tiga ini diprioritaskan untuk masyarakat rentan dengan kuota sebanyak 140 juta orang.

Vaksinasi tahap III ini menjadi penanda pemerintah mempercepat tahapan vaksinasi untuk melindungi masyarakat yang rentan.

Sasaran Vaksinasi

Pertimbangan utama dalam menatapkan kelompok sasaran vaksinasi pada prinsipnya mempertimbangkan ketersediaan vaksin. Kedatangan vaksin yang bertahap inilah yang menjadikan pemerintah menentukan prioritas sejak Januari 2021 saat pelaksanaan tahap pertama lalu hingga sekarang memasuki tahapan ketiga.

Selain dilihat dari aspek geo spasial, kriteria masyarakat rentan yang mendapatkan vaksinasi juga dipertimbangkan dari segi sosial ekonomi lemah dan masyarakat kurang beruntung, serta kelompok marginal Ibu Kota. Untuk jenis vaksin pada tahap tiga ini nanti, pemerintah menghimbau agar masyarakat tidak pilih-pilih merek vaksin tertentu.



Infografis Terkait