Lihat Semua : infografis

Waspada Masa Pancaroba


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.613


Indonesiabaik.id   -   Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada di masa pancaroba, yakni potensi cuaca ekstrem dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020, dimana diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020.

Adapun selama periode September-Oktober ini, masa peralihan musim dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang berdampak pada sejumlah bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Selain itu, pancaroba juga menyebabkan beberapa penyakit muncul di masa lembab. Pasalnya, virus dan bakteri dinilai mampu hidup lebih lama dan berkembang pada suhu serta kelembapan yang lebih rendah seperti di masa pancaroba. Masa peralihan musim ini juga berpotensi membuat aliran darah menyempit dan mengurangi kadar vitamin D serta menurunkan sistem imun tubuh. 

Sejumlah penyakit yang biasanya muncul seperti influenza, demam berdarah, diare, asma hingga chikungunya. Untuk mencegahnya, pastikan tubuh untuk selalu cukup beristirahat, menerapkan pola makan sehat dan seimbang, mencukupi cairan tubuh dengan rutin minum air putih, serta rutin olahraga.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

  • call center 021-6546315/18

  • https://www.bmkg.go.id

  • follow media sosial @infoBMKG;

  • aplikasi iOS dan android "Info BMKG"

  • atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.



Infografis Terkait