Lihat Semua : infografis

Yang Bikin Bangga dari Danau Toba


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 542


Indonesiabaik.id - Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam dunia yang sangat menakjubkan dan masuk dalam deretan 10 wisata prioritas.

Danau alami ini terbentuk akibat letusan gunung berapi super sekitar 77.000 tahun lalu. Memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, dan kedalamannya 508 meter.

Itulah mengapa, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. Terlebih, menjadi danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Danau Toba terbentuk dari tiga letusan besar Gunung Toba. Letusan pertama menghasilkan kaldera di sisi selatan, letusan kedua membentuk kaldera di sisi utara, letusan ketiga yang terbesar mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba. Yang kerennya lagi, UNESCO sendiri telah menetapkan kaldera Toba sebagai Global Geopark atau menjadi warisan dunia.

Pulau di Tengah Danau dan Danau di Tengah Danau

Danau Toba berukuran begitu besar dengan sebuah pulau di tengahnya, bernama Pulau Samosir.

Ukuran Pulau Samosir seluas 630 km², yakni hampir seukuran dengan Singapura yang seluas 728 km². Pulau Samosir sendiri memiliki dua danau yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Keindahan Alam dan Budayanya Luar Biasa

Posisi Danau Toba yang terletak 900 meter di atas permukaan laut, membuat suasana di sekitar danau lebih sejuk. Selain itu, keindahannya juga bisa dilihat dari peran Danau Toba yang juga rumah bagi dua kelompok suku yaitu Tomok dan Simanindo. Terdapat pusat tenun sekaligus pusat kerajinan berkelas dunia yaitu wilayah Huta Raja, Desa Lumban Suhi-Suhi, Samosir.

Tak ketinggalan, puluhan air terjun di sekeliling Dana Toba juga tak kalah indah. Sumatera Utara sendiri disebut sebagai 'Negeri Sejuta Air Terjun', tak terkecuali Danau Toba. Beberapa di antaranya air terjun Situmurun, Sipiso-piso, Sigura-gura, dll.



Infografis Terkait