Lihat Semua : videografis

Modus Penipuan Online Terbaru


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 12.759

Indonesiabaik.id - Baru-baru ini heboh ada modus baru penipuan online. Kali ini modusnya lewat undangan pernikahan digital yang disebar via aplikasi WhatsApp.

Modusnya, si pelaku mengirimkan pesan dan meminta korban untuk membuka undangan digital yang juga dikirimnya berbentuk file (.apk).

Menurut Bareskrim Polri, sejak akhir tahun 2022, sudah ada 29 laporan terkait dengan kasus penipuan berkedok modifikasi file .apk. File .apk atau Android Package Kit adalah format file yang gunanya untuk pemasangan aplikasi di Smartphone yang berbasis Android.

Jika meng-klik file .apk tersebut, si penipu punya kemungkinan untuk ngeakses data SMS yang biasanya tercantum informasi SMS-Banking seperti kode pin dari riwayat SMS. Kalau si penipu berhasil mendapatkan informasi tersebut, maka dia bisa minta SMS token ilegal dan melakukan pengiriman uang dari rekening korban.

Agar terhindar dari penipuan online tersebut, berikut tipsnya. Mulai dari unduh dan install aplikasi hanya dari aplikasi resmi, kayak play store atau App Store.

Kemudian lakukan update aplikasi dan web browser secara berkala untuk ningkatin keamanan perangkat. Berhati-hati tiap kali buka tautan yang didapat. Selalu perbarui kata sandi secara berkala, dan teliti dalam memberikan izin untuk aplikasi yang di instal.



Videografis Terkait