Lihat Semua : videografis

Siapa yang Dapat STB Gratis?


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 274

indonesiabaik.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut tengah mempersiapkan pelaksanaan penyaluran Set Top Box (STB) gratis untuk rumah tangga miskin.

Subsidi STB

Adapun penyediaan STB ini berasal dari kontribusi penyelenggara multipleksing secara proporsional dan Pemerintah melalui LPP TVRI. STB gratis akan diberikan Lembaga Penyelenggara TV Swasta (LPS) yang diinisiasi Kominfo.

Set top box ASO berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing, untuk tahap I berasal dari Grup Surya Citra Media, Grup Media dan Grup Rajawali. Menurut Geryantika, jumlah set top box dari penyelenggara multipleksing sudah memenuhi kuota.

Kini, Kominfo sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan penyelenggara multipleksing untuk distribusi set top box di wilayah analog switch off tahap I.

Sasaran Penerima

Set top box subsidi ini akan diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki pesawat televisi, yang tercantum, termasuk, namun, tidak terbatas pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Pemerintah memperkirakan keluarga miskin di Indonesia berjumlah 27 juta jiwa sehingga perlu ada 6,5 juta hingga 7 juta unit set top box, dengan perhitungan satu keluarga terdiri dari empat anggota. Untuk wilayah ASO tahap I, terdapat 90.695 jiwa penerima bantuan dengan rincian wilayah siaran Aceh 1 17.046, Banten 1 14.544, Kalimantan Timur 1 29.368, Kalimantan Utara 1 6.818, Kalimantan Utara 3 4.646 dan Kepulauan Riau 1 18.273.



Videografis Terkait