Lihat Semua : infografis

Agar Kecelakaan Kapal Tak Terulang


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : Septian Agam /   View : 835


Indonesiabaik.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan pengawasan pelayanan transportasi khususnya pada penyeberangan di Danau Toba diambil alih oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Keputusan itu diambil karena Menhub melihat tidak semua regulator transportasi di level Pemerintah Daerah dapat menjalankan fungsinya dengan baik, dan berharap musibah kecelakaan yang menimpa KM Sinar Bangun dan KM Lestari Maju tidak terulang kembali.

Untuk itu langkah yang dilakukan Kemenhub yakni dengan melakukan revitalisasi terhadap kapal-kapal yang beroperasi di Danau Toba dan menetapkan standar-standar yang sesuai, dengan harapan tidak dijumpai lagi kapal-kapal yang tidak memenuhi syarat.

Bersama dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Dalam Negeri untuk melakukan restrukturisasi berkaitan dengan organisasi. Dan mengandeng pihak seperti Polri, TNI dan Pemerintah Daerah untuk melakukan suatu upaya pengelolaan dan pengawasan secara rutin terhadap pengoperasian kapal di danau Toba. Disamping itu, Menhub juga akan membangun beberapa pelabuhan dan kapal.



Infografis Terkait