Lihat Semua : infografis

Beda Fasilitas Sesuai Warna SPBU


Dipublikasikan pada 14 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 246


indonesiabaik.id - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memiliki beberapa papan warna dengan kelengkapan pelayanannya di setiap warnanya yang membedakannya.

SPBU Warna Merah

SPBU berwarna merah atau disebut SPBU Pasti Pas, memiliki sejumlah fasilitas yang masih standar saja seperti toilet, tempat ibadah, isi angin, dan beberapa diantaranya terdapat minimarket.

SPBU Pasti Pas biasanya nozel berwarna hitam pada bagian bawah, sedangkan SPBU Pasti Prima berwarna hijau. SPBU ini biasanya dominan warna merah yang digunakan pada warna seragam operator dan tiang pilar.

SPBU Warna Biru

SPBU berwarna merah atau disebut SPBU Pasti Prima ini merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang sudah ada sejak tahun 2006, terutama dari sisi pelayanan.

Fasilitas yang disediakan tentunya lebih lengkap, tidak hanya ada fasilitas standar berupa toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket saja.

Terdapat juga kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

Berbeda dengan SPBU Pasti Pas yang lebih dominan warna merah, SPBU Pasti Prima biasanya mengombinasikan warna merah dan abu-abu.

SPBU Warna Hijau

SPBU berwarna hijau atau disebut SPBU GES merupakan jenis SPBU terbaru yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan tema Green Energy Station (GES). SPBU ini memiliki empat konsep, yaitu Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel.

Fasilitas yang tersedia biasanya berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Penggunaan pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS), hingga Digitalisasi dan Edukasi Pertamax Series dan Dex Series.

Dibanding kedua jenis SPBU sebelumnya, SPBU GES terbilang masih sedikit. SPBU GES saat ini sudah tersebar di beberapa wilayah, yakni 3 titik di Lampung, 43 titik di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, 13 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta 17 titik di Jawa Timur.



Infografis Terkait