Lihat Semua : infografis

CARA Ubah Data KTP Elektronik


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 921


indonesiabaik.id - Apabila ada kesalahan atau perbaikan identitas pada KTP elektronik (e-KTP), maka sebaiknya harus segera diurus atau diubah datanya.

Bedanya ubah data dengan perekaman ulang?

Dasarnya, perubahan data ini bukan melakukan perekaman ulang. Mengubah data e-KTP tak sama dengan membuat e-KTP yang mencakup proses seperti perekaman retina dan sidik jari. Artinya, tak perlu lagi melakukan perekaman ulang.

Dalam data e-KTP, ada beberapa data yang bersifat statis (tak berubah), seperti Nomor Induk Kependudukan dan tempat tanggal lahir. Namun, ada juga yang bersifat dinamis (bisa berubah), seperti status kawin dan domisili.

Cara mengurus?

Prosedurnya adalah membawa dokumen pendukung untuk proses perubahan elemen data. Selain itu, prosedur ini tak dipungut biaya alias gratis.

  1. Membawa dokumen yang diperlukan sesuai data atau identitas diri yang akan diubah, misalnya surat nikah atau putusan pengadilan untuk mengganti status perkawinan, surat keterangan RT/RW untuk pindah alamat domisili, surat keterangan dari instansi untuk merubah status pekerjaan.
  2. Diurus di Disdukcapil (beberapa wilayah sudah bisa diurus di tingkat kelurahan)
  3. Tunggu maksimal 14 hari kerja untuk pengambilan e-KTP baru
  4. Bawa e-KTP lama dan KK untuk pengambilan e-KTP baru sesuai jadwal yang telah ditentukan



Infografis Terkait