Cek Aturan Sebelum Konsumsi Suplemen Kesehatan

Yuli Nurhanisah , Abdurrahman Naufal

one month ago


   

Indonesiabaik.id - Belakangan ini laporan di sejumlah media melaporkan bahwa pemerintah Indonesia tengah merencanakan ‘new normal’, yaitu kembalinya kegiatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan tersebut meliputi banyak hal, termasuk perekonomian. Di tengah rencana tersebut, BPOM mengeluarkan panduan menjalani ‘new normal’ dalam menghadapi COVID-19. 

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menjalani new normal?

Rencana hidup berdamai dengan COVID-19 telah disebut-sebut selama beberapa hari belakangan ini. Hidup berdampingan dengan penyakit menular artinya Anda harus beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.  Walaupun angka kasus belum memperlihatkan penurunan, pemerintah di Indonesia sudah mulai membagikan rencana tersebut kepada masyarakat.

Salah satu alasan mengapa mereka mempertimbangkan ‘new normal‘ ini adalah vaksin dan obat khusus COVID-19 masih membutuhkan proses yang panjang.  Maka dari itu, Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan) kini mengeluarkan panduan menjalani ‘new normal’ dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

Berhati-hati dalam membeli obat dan suplemen

Salah satu cara mencegah infeksi COVID-19 adalah menjaga kesehatan tubuh. Baik memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi maupun tambahan suplemen. Bahkan, ketika merasakan gejala COVID-19, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk meringankan gejala tersebut. 

Mulai dari membeli obat penurun panas hingga mengonsumsi suplemen tambahan agar tubuh lebih cepat pulih. Tidak mengherankan jika angka penjualan obat dan suplemen meningkat drastis dan terkadang membuat keduanya menjadi langka ditemukan. 

Maka dari itu, panduan ‘new normal‘ lainnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 adalah mulai berhati-hati dalam memilih obat. Sementara itu, penggunaan suplemen pun perlu diperhatikan, apakah Anda sudah mengonsumsinya sesuai aturan dosis atau belum.

Selain itu, beberapa kandungan suplemen dapat berinteraksi dengan obat, sehingga dianjurkan untuk meminumnya 1-1.5 jam setelah mengonsumsi obat.  Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker jika suplemen digunakan pada beberapa situasi tertentu, seperti:

  1. pemakaian pada anak
  2. penggunaan bersama dengan resep dokter
  3. ibu hamil
  4. sebelum atau sesudah menjalani operasi
  5. mengalami efek samping

Pada dasarnya, panduan menjalani ‘new normal’ dalam menghadapi COVID-19 memerlukan perhatian dan kewaspadan tinggi. Masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan di mana pun dan kapan pun Anda berada.



    Tag :
  • COVID-19
  • suplemen kesehatan
  • tips aman penggunaan suplemen
  • kandungan suplemen kesehatan
  • bpom
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait