Lihat Semua : infografis

DBH & DAU Kini Disalurkan Dalam Bentuk SBN


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Anggar Septiadi / Desain : Oktanti Putri Hapsari /   View : 2.451


Surat Berharga Negara (SBN) adalah obligasi pemerintah yang diterbitan untuk menutupi defisit APBN. Defisit ini terjadi karena penerimaan yang didapatkan pemerintah dari pajak dan non pajak tidak cukup untuk membiayai pembangunan nasional.

Untuk menutupi kekurangan itulah SBN diterbitkan sebagai pinjaman negara yang bersumber dari para investor baik dalam maupun luar negeri. SBN terdiri Surat Utang Negara (SUN), obligasi negara ritel (ORI), surat perbendaharaan negara (SPN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) alias Sukuk. Penerbitan SUN dibagi dalam dua kategori, yaitu denominasi rupiah dan dolar

Pembiayaan melalui pasar keuangan dilakukan upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam program pembiayaan pembangunan nasional. Selain itu penerbitan SUN ke publik bisa mengurangi beban dan risiko keuangan bagi negara di masa mendatang.

Selain membantu pembiayaan pembangunan, investor juga akan mendapatkan keuntungan (yield) dari surat utang negara. SUN juga bebas risiko karena dijamin pemerintah dan bisa dipergunakan para pelaku pasar sebagai acuan atau referensi dalam menentukan tingkat keuntungan suatu investasi atau aset keuangan lain.



Infografis Terkait