Lihat Semua : infografis

Distribusi Vaksin Dikawal Ketat

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 437


indonesiabaik.id - Pendistribusian vaksin, peralatan pendukung dan logistik dalam vaksinasi COVID-19 dikelola sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Proses Pendistribusian Vaksin

Proses pendistribusian vaksin dan logistik lainnya dipersiapkan dengan baik menggunakan sistem monitoring logistik elektronik yaitu Bio Tracking dan SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik secara Elektronik)

Sistem itu berguna untuk mencatat jumlah vaksin dan logistik vaksinasi; yang diterima, yang dikeluarkan, serta yang digunakan

Dari Pusat Hingga ke Puskesmas

Vaksin terlebih dahulu dialokasikan dari pusat yakni Komite PC-PEN kepada pihak Biofarma. Setelah itu, proses pendistribusian dilakukan oleh Biofarma  kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga ke Pusakesmas dan Rumah Sakit.

Konfirmasi melalui Sistem SMILE

Pada tiap lokasi distribusi, petugas harus mengonfirmasi konfirmasi kedatangan vaksin di sistem SMILE, mulai dari jumlah, nomor batch dan tanggal kadaluwarsa.

Sistem SMILE akan otomatis memperlihatkan alokasi vaksin untuk Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga Puskesmas dan Rumah Sakit. Tak hanya itu, sistem SMILE juga mencatat jumlah vaksin yang digunakan termasuk yang kadaluwarsa atau rusak.



Infografis Terkait