Lihat Semua : infografis

Etika Naik Transportasi Umum


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 861


indonesiabaik.id - Agar tercipta kenyamanan bersama, banyak adab yang harus ditanamkan sejak dini kepada pengguna sarana transportasi umum.

Saat di Area Stasiun/Terminal/Bandara

Saat di area umum, hal yang harus kita perhatikan adalah adab mengantre. Meski kita dalam kondisi terburu-buru, mengantre adalah etika dasar yang harus diterapkan agar tercipta ketertiban dan kenyamanan bersama. 

Saat menggunakan eskalator, hendaknya tidak menyela orang yang terlebih dulu. Jika eskalator memuat dua orang untuk bersebelahan, hindari berdiri diam di bagian kanan, namun gunakan lajur kiri untuk tetap diam. Hal ini karena sebelah kanan merupakan lajur untuk berjalan.

Pada ruang menunggu, sebaiknya berikan tempat duduk bagi orang dengan kebutuhan prioritas seperti ibu hamil, lansia, dan ibu dengan anak.

Saat di Dalam Transportasi

Hal yang harus dibiasakan sejak dini adalah etika memberi kesempatan terlebih dahulu bagi penumpang yang hendak turun dibandingkan kita yang hendak naik transportasi.

Kemudian saat masuk ke transportasi umum, baiknya kita tidak membawa barang berlebihan yang dapat mengganggu situasi atau menambahkan volume transportasi dengan barang yang kita bawa. 

Dalam transportasi umum biasanya terdapat tulisan/penunjuk bangku prioritas atau umum. Hal yang juga harus kita lakukan adalah memberikan tempat duduk kepada penumpang prioritas seperti ibu hamil, lansia, ibu dengan anak, dan tidak pula duduk di tempat duduk prioritas.

Selain itu, etika yang harus diterapkan adalah tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, seperti:

  • Jangan duduk di lantai 

  • Jangan merokok

  • Jaga suara saat berbicara/telepon

  • Jangan kentut sembarangan

  • Jangan konsumsi makanan menyengat



Infografis Terkait