Lihat Semua : infografis

Geopark Taman Bumi Picu Pertumbuhan Ekonomi


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Septian Agam /   View : 3.223


Indonesiabaik.id - Usai sebelumnya ada dua taman bumi (geopark) Indonesia, yakni Batur dan Gunung Sewu yang mendapat predikat taman bumi global UNESCO (UNESCO Global Geopark) pada 2016. Pada April 2018, ada dua taman bumi Indonesia yang kembali mendapat predikat yang sama dari UNESCO, yaitu Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Ciletuh di Palabuhanratu, Jawa Barat.

Kemudian muncul pertanyaan, dengan masuknya Indonesia ke dalam daftar UNESCO Global Geopark, apa manfaatnya buat perekonomian nasional? Nah ternyata manfaatnya banyak sekali dan masif. Karena pengembangan geopark memberikan kontribusi nyata ke beberapa sektor penting.

Beberapa yang paling utama adalah untuk melestarikan sumber daya alam, kegiatan konservasi, lalu sekaligus mengedukasi masyarakat. Lantas untuk membangun perekonomian lokal, regional, dan juga nasional. Tentunya dibarengi dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang semuanya itu memicu pembangunan berkelanjutan.

Geopark juga membantu pengembangan wilayah, meningkatkan ketahanan masyarakat dari bencana, mendidik masyarakat pada kehidupan yang baik dengan menghormati budaya yang beragam, pemberdayaan perempuan untuk memperoleh tambahan sumber pendapatan, memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat dengan adanya wisata geopark, serta terjalinnya kerjasama antar daerah dan negara dalam mendayagunakan keragaman geologi, keragaman hayati dan budaya, serta jasa lingkungan secara berkelanjutan.



Infografis Terkait